MAMPIR GAN DI LAPAK ANE

Selasa, 19 Juli 2011

Kemulian Pembaca Al-Qur'an


"Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya?" (QS Al-Anbiyaa' [21]: 10)

Allah Swt menjanjikan kemuliaan bagi seorang pembaca Al-Qur'an yang berusaha untuk selalu membaca, memahami, dan menaatinya. Maka kita tanya diri kita: berapa seringkah kita membacanya? Memahaminya? Mempelajarinya dan merenungkan isinya?
Rasulullah Saw bersabda, "Di antara penghargaan Allah Swt kepada hamba-Nya adalah: memuliakan seorang Muslim yang beruban (yang sudah tua): memuliakan pembaca Al-Qur'an yang tidak berlebih-lebihan dan tidak berpaling darinya; dan memuliakan penguasa yang adil," (HR Abu Dawud)
Sungguh suatu berita yang menggembirakan bagi pembaca Al-Qur'an. Adakah yang lebih penting di dalam kehidupan seorang hamba melebihi "kemulian" yang Allah Swt berikan kepadanya? Ia akan berjalan di muka bumi dengan penuh ketenteraman, kelapangan, kesejateraan. Ia akan memperoleh banyak kemudahan dalam menjalani hidupnya dan ia akan dihormati serta dihargai orang lain.
Rasulullah Swt bersabda, "Sesungguhnya Al-Qur'an akan menemui sahabatnya pada Hari Kiamat saat kuburannya terbelah dan ia keluar dalam keadaan pucat. Al-Qura'an berkata, "Apakah engkau mengenalku?" Ia berkata, "saya tidak mengenalmu." Al-Qur'an berkata, "Saya adalah Al-Qur'an sahabatmu, yang telah membuatmu kehausan di siang hari dan membuatmu tidak tidur di malam hari. Setiap pedagang berada di belakang dagangannya. Aku bagimu hari ini bagaikan orang yang berada dibelakang daganganya. Kemudian didatangkanlah kerajaan di samping kanan orang itu dan keabadian di samping kirinya. Lalu diletakkan di atas kepalanya mahkota kebesaran. Kepada kedua orang tuanya dikenakan perhiasan yang belum pernah mereka pakai selama di dunia. Keduanya berkata, "Apa sebabnya kami memakai perhiasan ini?" Lalu dijawab, "Disebabkan oleh persahabatan anak kalian berdua dengan Al-Qur,an." Kemudian dikatakan pula, "Bacalah dan naiklah menuju surga dan kamar-kamarnya. Lalu ia pun naik dengan bacaan Al-Qur'annya." (HR Ibnu Majah dan Ahmad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar