MAMPIR GAN DI LAPAK ANE

Minggu, 06 Maret 2011

Delapan Ilmu Pengetahuan yang sangat Bermanfaat

Hatim al-Asham adlh salah seorang sahabat Syaqiq al-Balkhi.Pd suatu ketika,Syaqiq bertanya kpd Hatim,"Wahai Hatim,sudah 30 tahun kita bersahabat.Apa yg telah kamu peroleh selama ini?"

Hatim menjawab,"Aku telah memperoleh 8 ilmu pengetahuan yg sangat bermanfaat.Inilah yg mencukupkan diriku untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan.Aku berharap ke selamatan dan kebahagiaan itu berada di dalamnya."

Syaqiq lalu bertanya,"Apa itu,hai sahabatku?"
Hatim pun menjawab:

"Pertama, aku telah mengamati berbagai macam makhluk.Aku lihat,mereka mempunyai kekasih sebagai tambatan hatinya.Sebagiaan dari mereka,ada yg didampingi kekasihnya hanya sampai menjelang kematiannya.Ada juga yg didampingi kekasihnya sampai ke liang kubur.Sesudah itu,semuanya kembali dan meninggalkannya sendirian di kuburan.Tdk seorang pun yg bersedia menemaninya masuk ke liang kubur.

Usai melihat kejadian itu,terbesitlah di dlm pikiranku bahwa kekasih yg paling utama ialah yg menyertai seseorang masuk ke liang kubur dan memberikan hiburan di dlmnya.Hal ini hanya aku temui pd amal saleh.Oleh karana itu,amal saleh aku jadikan sebagai kekasih,agar kelak bisa menjadi pelita dlm kuburku,menghibur dan tdk meninggalkanku seorang diri.

Kedua,aku lihat kebanyakan manusia hanya memperturutkan kehendak nafsunya utk memenuhi segala hasratnya.Terhadap hal ini,aku camkan firman Allah SWT 

"Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya,maka sesungguhnya surgalah tempat tinggalnya".(QS.Al-Naziat<79>:40-41).

Aku yakin,yg dikatakan Al-Qur'an tentu benar.Oleh karana itu,aku segera melawan kehendak hawa nafsu.Aku bersedia berjihad dan berjuang menahan hawa nafsuku.Aku berusaha menolak segala keinginanku yg liar sampai ia tunduk,menyerah dan taat kpd Allah SWT.

Ketiga,aku lihat setiap org membanting tulang utk memperoleh dan menumpuk kekayaan dunia.Merekan membelanjakannya dengan hemat,bahkan amat kikir.Aku teringat firman Allah SWT:

"Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal".(QS.Al-Nahl<16>:96)

Oleh karana itu,segera aku keluarkan harta simpananku selama ini utk mencari ridla Allah SWT.Aku sedekahkan kpd fakir miskin dan utk Jihad Fi Sabilillah agar kelak menjadi simpanan di sisi Allah SWT.

Kempat,aku melihat sebagian manusia mengira bahwa kemuliaan dan ketinggian derajat ditentukan oleh banyaknya kerabat dan keluarga.Lalu meraka merasa megah dan bangga bila memiliki kerabat yg banyak.Sebagian dari mereka ada pula yg beranggapan bahwa kemuliaan dan ketinggian martabat terletak pd banyaknya harta dan anak.Dengan kekayaan itu lalu mereka menepuk dada.

Sebagian yg lain beranggapan bahwa kemuliaan dan ketinggian martabat berada dalam perilaku yg zalim,keserakahan dan pertumpahan darah antar sesama manusia.Bahkan ada pula yg berkeyakinan bahwa kemulian dan ketinggian martabat terletak pd keborosan,hura2,dan menghambur-hamburkan harta.Melihat kenyataan itu,lalu kurenungkan firman Allah SWT:

"Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu".(QS.Al-Hujurat<49>:13)

Maka,kupilih takwa sebagai suatu kemuliaan dan ketinggian martabat.Aku yakin,yg dikemukakan Al-Qur'an adalah benar adanya.Anggapan mereka itu semua salah dan tak beralasan.

Kelima,aku melihat manusia hidup saling cela dan saling umpat.Kulihat pangkal semua itu adalah karana kedengkian dalam masalah harta,pengaruh,dan kepandaian.Maka aku pun merenungkan firman Allah SWT:

"Apakah mereka yang membagi-bagikan rahmat Tuahanmu?Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia,dan kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain  beberapa derajat,agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain.Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan".(QS.Al-Zuhruf<43>:32)

Aku mengerti bahwa pembagian rezeki dan kedudukan telah ditentukan Allah sejak jaman azali.Karana itu,kubuang jauh2 sifat iri dengki dari dlm hati.Kuterima dengan senang hati setiap pemberian Allah SWT.

Keenam,kulihat manusia saling bermusuhan karana berbagai sebab dan tujuan.Maka kurenungkan kembali firman Allah SWT:


"Sesungguhnya setan itu musuh bagimu,maka anggaplah ia musuh(mu),karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala".(QS.Al-Fathir<35>:6)


Maka mengertilah aku bahwa orang tdk layak memusuhi kecuali terhadap setan.Itu berarti orang yang memusuhi orang lain telah kena jaring tipudaya setan.


Ketujuh,aku melihat setiap orang bekerja keras dan memeras keringat utk mencari makan dan kebutuhan hidup hingga ia terjatuh ke dalam kesuybhatan,terjerumus dlm hak yang haram dan mencemarkan nama baik dan martabanya.Maka kurenungkan kembali firman Allah SWT:

"Dan tidak ada suatu binatang melata di bumi melainkan Allah lah yang memberi rezekinya......"(QS.Hud<11>:6)


Aku pun mengerti bahwa rezeki itu berada pd kekuasaan Allah SWT semata.Masalah rezeki,Dialah yg menanggungnya.Oleh karena itu,aku lalu bangkit utk memelihara ibadah kepada-Nya dan kubuang jauh2 rasa loba dan tamak.Hanya kepada-Nya aku menyerahkan sepenuhnya masalah rezeki ini.


Delapan,aku sering melihat manusia menyandarkan nasib dan harapan sesamanya dan mahluk lainnya.Sebagian dari mereka ada yg menyandarkan kpd uang dan kebendaan,harta dan kekayaan,perusahaan dan perdagangan.Maka,kembalilah kuperhatikan dgn sungguh2 firman Allah SWT:

"Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan(keperluan)nya.Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan(yang dikehendaki-Nya).Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu".(QS.Al-Thalaq<65>:3) 


Oleh karena itu,aku bertawakkal kpd Allah SWT.Sebab,hanya Dialah yg dapat mencukupi segala kebutuhanku.Hanya Allah lah sebaik-baik pelindung.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar